Pikachu yang Menjelma Sebagai Siput Laut, Thecacera pacifica

Hello buddies! Kenalin nih, si mungil yang menggemaskan! Siapa lagi kalau bukan siput laut yang mirip sekali dengan Pikachu. Siput laut yang tak bercangkang ini memiliki nama latin yaitu Thecacera pacifica.

Thecacera pacifica termasuk kedalam filum Moluska yang sering dikenal dengan julukan “Pikachu laut”. T. pasifica ini merupakan salah satu siput laut yang termasuk kedalam golongan gastropoda atau kelompok siput yang hidup tanpa cangkang. Pertama kali ditemukan dan diperkenalkan oleh seorang guru dari jepang yang bernama Osamu hayashi.

Thecacera pacifica memiliki tubuh yang kecil dan mungil dengan panjang maximum yang dapat dicapai sekitar 3,5 cm,  kecil sekali ya :D. T. pacifica ini memiliki dominasi warna kuning cerah dengan garis hitam di beberapa bagian tubuhnya. Selain itu terdapat warna biru yang hadir di ujung ekor dan diujung papilla lateral yang berada di samping insang nya serta terdapat dua tonjolan hitam di kepalanya yang disebut dengan antena. Siput laut ini bersifat monoecious dengan kata lain tidak memiliki perbedaan antara pria dan wanita.

Hewan lucu ini dapat ditemukan dan hidup di kedalaman 1- 30 meter di kawasan terumbu karang dengan memakan organisme – organisme kecil yang tergolong bryozoa  berbatu di pesisir afrika, mozambik, Indonesia hingga laut atlantik. Jika buddies bertemu dengan siput ini jangan lupa untuk mendokumentasikannya ya:) namun perlu diingat hewan ini beracun sehingga harus tetap berhati- hati.

Sumber :

https://www.sealifebase.ca/summary/Thecacera-pacifica.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Thecacera_pacifica

Kanda, M. 2009. Fish Fauna under Coral Communities in Kuroshio Waters around Kashiwajima Island in Kochi, Japan. Kuroshio Science 3(1) : 33-38.

Willan R.C. 1989. Phylogenetic systematics and zoogeography of Australian nudibranchs 2. Description of a new species of Thecacera with comments on the genus and its contained species. Journal of the Malacological Society of Australia, 10: 1-12.

 


Mila Amelia N.A. (MDC XXVI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *