Naso unicornis, Si Unicorn Dari Laut

Siapa yang suka baca atau nonton genre fantasi? Pasti udah sering denger dan lihat kuda yang punya tanduk di kepalanya kan, sering juga disebut unicorn. Di laut juga punya loh makhluk yang memiliki tanduk di kepala namanya Naso unicornis. Tanduknya atau juga disebut rostral protuberance terbentuk saat ikan ini mencapai ukuran dewasa.

Ikan ini memiliki tanduk runcing dan bertulang, terletak di dahi ikan dewasanya yang menonjol ke depan setinggi mata tetapi tidak memanjang di depan mulut. Profil punggung dari moncong ke tanduk lurus, terletak pada sudut sekitar 45°. Ikan ini memiliki dua pelat bertangkai dengan duri seperti pisau melengkung ke depan yang berkembang dengan baik. Naso unicornis memiliki sirip ekor beremarginasi saat muda, terpotong dengan lobus berserabut pada saat dewasa. Jantannya punya tanduk yang lebih panjang di mana lunas peduncular yang lebih besar dan filamen ekor yang lebih panjang daripada betina dengan ukuran yang sama. Si unicorn laut ini tubuhnya kekuningan sampai abu-abu olivas di bagian punggung, lebih pucat di bagian perut, dengan pelat bertangkai biru dan duri lunas. Bibir ikan berwarna keputihan atau biru. Area biru terkadang ada di sekitar sirip dadanya. Sirip punggung dan duburnya kekuningan dengan tepi biru sempit. Sedangkan sirip ekor berwarna jingga pada dasarnya, berbayang hingga abu-abu dengan batas posterior lebar kehijauan pucat dan filamen ekor bermata biru. Satu fase warna sementara adalah zona kehijauan pucat bernoda di bawah bagian spinosus sirip punggung yang menyempit dan berakhir di bawah sirip dada.

Ikan unicorn bluespine sering hidup soliter di terumbu karang atau dapat ditemukan di kumpulan kecil ikan unicorn kadangkala juga dapat ditemukan sebagai bagian dari kumpulan besar ikan dengan banyak spesies ikan lainnya.

Sumber:

Myers, R.F., 1991. Micronesian reef fishes. Second Ed. Coral Graphics, Barrigada, Guam. 298 p. (Ref. 1602)


Cherry Nanda (MDC XXVII)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *