Balistoides viridescens, Ikan Titan yang Berburu Hingga ke Darat!

Balistoides viridescens memiliki warna tubuh kuning keemasan serta corak yang unik, menjadi perhatian sebagian penyelam untuk berhati-hati ketika berjumpa dengan ikan yang satu ini. Sebagai salah satu dari kelompok triggerfish, Balistoides viridescens seringkali menyerang para penyelam tanpa alasan ketika mereka berada di dekat sarangnya. Dibalik perilaku ikan ini yang cenderung “galak” mereka memiliki kebiasaan berburu yang unik lho!

Ikan titan memiliki bentuk tubuh yang bulat agak melonjong dan pipih, bentuk mulut yang sub-terminal serta berwarna kuning keemasan dengan corak tubuh yang unik. Ikan ini dapat tumbuh mencapai 75 cm dan termasuk jenis triggerfish terbesar dari kelompoknya, sehingga tak heran ikan ini dijuluki “titan”. Sebagai ikan predator, titan triggerfish memiliki gigi dan rahang yang kuat dan bahkan dapat memakan bulu babi, karang keras serta beberapa jenis krustasea dan moluska. Ikan titan memiliki dorsal dan anal fin yang membantunya berenang lebih mudah dan juga membantunya saat membangun sarang untuk sang betina. Ikan ini umumnya ditemukan soliter maupun berpasangan di lereng laguna dan di area terumbu karang yang mengarah ke laut.

 

Pada umumnya ikan air tawar maupun laut cenderung menjauhi daratan untuk menghindari bahaya yang berkemungkinan menimpa mereka. Namun, ikan ini terbilang cukup unik karena dengan sengaja mendamparkan dirinya di tepi perairan untuk berburu mangsa contohnya seperti kepiting pantai. Perilaku ini diketahui oleh para peneliti di daerah laut merah yang semula ingin meneliti biodiversitas penyu, tetapi teralihkan oleh perilaku unik si titan!

Selain Titan Triggerfish, Balistoides viridescens juga dijuluki sebagai Ikan Pogo-pogo, Giant Triggerfish ataupun Moustache Triggerfish. Ikan titan ditemukan hampir di seluruh perairan Indo-Pasifik seperti Laut Merah, Afrika Timur, Australia, Jepang dsb. Triggerfish ini hidup berasosiasi dengan terumbu karang pada kedalaman 1-50 m. Ikan ini termasuk ikan yang dapat dikonsumsi contohnya seperti dijadikan sashimi di Negara Jepang.

 

Sumber:

Tietbohl, M. D., R. S. Hardenstine., L. K. Tanabe., A. M. Hulver and M. L. Berumen. 2020. Intentional Partial Beaching in A Coral Reef Fish: A Newly Recorded Hunting Behaviour of Titan Triggerfish, Balistoides viridescens. Journal of Fish Biology., 97(5): 1569-1572


Fitri Fedorova (MDC XXVII)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *