Si Siput Laut: Jorunna funebris

Ini dia biota lucu, unik dan bertotol si siput laut Jorunna funebris.

Siput laut yang mirip kelinci ini termasuk dalam family Nudibranchia. Spesies ini termasuk kedalam filum moluska, kelas gastropoda. J. funebris merupakan salah satu spesies nudibranch dengan distribusi terbesar di dunia. Siput laut ini dapat ditemukan di seluruh perairan Indonesia. Biota unik ini adalah hermaprodit! Apakah itu? Hermaprodit adalah biota yang memiliki organ jantan dan betina pada satu individu.

Siput laut ini memiliki ukuran maksimal 70mm, kecil ya! Badannya yang membulat memiliki papila (sepertin bintil) hitam yang memberi kesan tubuhnya tajam. Ia memiliki 6 insang bercabang yang membentuk lingkaran pada bagian anus.

Nudibranchia identik dengan memiliki rhinophore. Rhinophore adalah reseptor aroma atau rasa yang ditemukan pada nudibranchia. Rhinophore juga dikenal sebagai organ chemosensory yang terletak di permukaan dorsal kepala. Mereka terutama digunakan untuk chemoreception jarak dan reoreception (respon terhadap arus air). Rhinophore J.funebris berbentuk seperti tankai transparan dengan clavus hitam.

Pernah kah kamu bertemu biota ini buddies? Biasanya kalau di laut ditemukan di kawasan terumbu karang yang rata dan berbatu.

Selain lucu dan unik biota satu ini dapat dimanfaatkan sebagai anti tumor. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Yan (2004), bahwa Jorunna funebris menghasilkan senyawa potensial sebagai antimikroba dan anti tumor.


Sumber: Wikipedia, kompasiana.com,

Prinngenies. et al. 2015. Aktivitas Antibakteri Ekstrak Nudibranch Polka-Dot (Jorunna funebris) Terhadap Bakteri MDR. Ilmu Kelautan. Vol.20

Brillian Abdilah Destin (MDC XXIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *